In The Lift We First Meet (4)



Could It Be?
           
            Hari-hari awal kuliah emang penuh kejutan ya. Ada-ada aja tingkah-tingkah aneh, mulai dari murid-muridnya ampe dosen-dosennya. Dari yang biang berisik, biang tengil, biang tidur, biang makanan, biang gossip, sampe biang es pun ada di kelas. Biang berisik plus tengil siapa lagi kalo bukan si Wira and the boy band nya itu si Imam, Iwan, Kevin, dkk. Kalo biang es lumayan banyak tu di kelas, yang pada pendiem abis, dingin kaya tembok. Biang makanan? Siapa lagi kalo bukan Fara dan Akbar. Fara tu biang makanan banget, kalo Akbar tu biang permen. Otomatis lah si Fara, Karra, Dena, dan Akbar tukang makan banget di kelas, haha. Terus biang gossip ya macem-macem Rahma, Hani, dkk itu lah. Yang terakhir, biang tidur, sebut saja namanya Mawar, haha.
          Pagi itu dimulailah pelajaran yang sangat nasionalisme banget. Dosennya pun nasionalis banget. Dia bikin novel alias buku diktat yang gaul abis deh pokoknya. Udah gitu ganteng pula tu dosen walaupun udah terbilang tua, pasti mudanya ganteng banget deh. Terus ya, tiap kuliah pasti cerita yang seru-seru, cerita kehidupan beliau jaman muda dulu, haha. Hari itu, si dosen ganteng ga mulai pelajaran dulu, tapi malah iseng. Tiba-tiba aja dia pengen ada yang bacain puisi perjuangan di depan kelas. Nah, tersebutlah warna merah. Kenapa merah? Kata tu dosen sih merah itu tandanya berani, jadinya yang hari itu pake baju merah harus berani maju dong. Jeblak! Si Wira pake polo shirt warna merah tu, haha.
            Alhasil, majulah tu si Wira. Yang maju siapa, yang deg-deg an siapa coba. Siapa lagi kalo bukan Karra. Gatau kenapa itu kok malah si Karra yang deg-deg an gitu pas liat Wira maju. Wira pun mulai membaca puisi perjuangan karyanya spontan. Sontak sekelas ketawa-tawa, termasuk Karra. Sumpah ya itu si Wira kocak banget deh. Ada ya cowo macem begitu di dunia, haha.

*****

            Lain hal waktu praktikum hari pertama untuk mata kuliah yang maha abstrak buat Karra, fisika. Ngomong-ngomong praktikum, pasti bakal dibagi-bagi kelompok lagi ya kaya dulu itu. Apakah kali ini Karra bakal sekelompok sama Wira? Untungnya tidak, tapi?
            Hari pertama praktikum biasa lah ya ada ritual pembagian kelompok. Bedanya kalo yang dulu itu anggota kelompok ditentuin berdasarkan urutan NRP alias nomor urut absen. Nah kalo yang ini random pake berhitung. Jadi, tiap orang berhitung dari 1 cuma sampe 10 aja misal, ga boleh lebih dari 10 jadinya. Kalo orang itu dapet hitungan ke 10, berarti orang berikutnya ya berhitung mulai dari 1 lagi. Alhasil nanti kebentuk 10 kelompok deh. Dengan sistem ini jadinya adil. Karra dapet kelompok 2 tuh. Semoga aja nomor itu bawa keberuntungan. Siapa aja ya yang bakal ada di kelompok itu? Karra ga inget sih tadi siapa aja yang nyebut nomor 2, haha.
            Setelah selesai pembagian kelompok, barulah tiap anggota kelompok duduk di meja yang udah ditentukan berdasarkan kelompoknya. Sistemnya, satu meja untuk dua kelompok. Nanti dua kelompok dalam meja itu saling duduk hadap-hadapan. Untungnya, meja praktikum yang ini ga dipenuhi rak-rak kaya dulu itu, jadinya leluasa ngerjain praktikumnya. Kalo dulu sih rak-rak itu emang bawa keberuntungan buat Karra, tapi kali ini? Apakah ketiadaan rak-rak itu bakal ga bawa keberuntungan buat Karra?
Mulailah duduk satu per satu temen sekelompok Karra. Nampaknya temen-temen sekelompok Karra ramah-ramah tuh. Ada si Rahma juga ternyata. Tunggu, ramah? Kayanya ada satu yang ga ramah tuh. Siapa lagi kalo bukan cowo sok cool itu, Arya.
Tiba-tiba aja kakak asisten praktikum minta kelompok itu dirombak sedikit. Biasa lah gara-gara terjadi ketimpangan gender. Ada kelompok yang kekurangan cowo, kelompok 1, kelompok yang semeja sama kelompok Karra berarti. Alhasil, mesti ada sukarelawan yang pindah atau nanti ujung-ujungnya kalo ga ada yang mau pindah ya bakal ditunjuk sama kakak nya (paksawan). Ternyata ada aja tu yang mau jadi sukarelawan dan itu adalah, jeblak! Siapa lagi kalo bukan Wira. Oyaampun, ga sekelompok sama Wira, tapinya Karra malah duduk hadap-hadapan sama Wira, tanpa penghalang pula. Itu rasanya lebih mematikan.
            Karra termasuk orang yang gampang akrab, jadinya gampang nyatu deh sama temen-temen sekelompoknya, kecuali sama Arya yang sedaritadi diem terus dengan muka sok cool nya itu. Saking diemnya, dia ditunjuk jadi ketua kelompok deh, sukur, haha. Biasanya praktikum pertama itu cuma penjelasan tentang praktikum, eh tapinya ini udah langsung praktikum aja. Udah gitu, laporan praktikum nya mesti dikumpulin hari itu juga ke ketua kelompok masing-masing, tepatnya sore itu juga. Itu laporan emang laporan hasil kelompok sih, tapi ngerjainnya tetep di buku masing-masing.


*****

Seusai praktikum, Karra langsung balik ke kamar dan tidur siang. Dasar kebo emang Karra, ga inget apa dia sama laporan. Alhasil, bangun-bangun Karra langsung buru-buru ngerjain laporan. Karena takut ditinggal ngumpulin sama cowo sok cool itu, terpaksa deh Karra sms tu anak. Buru-buru deh Karra nyari nomor hape  Arya di kertas data base kelas.
Karra: “ Arya, ini gue Karra, temen sekelompok fisika lu. Laporan anak-anak jangan dikumpulin dulu ya, gue baru mau ngerjain ini, haha.”
Arya: “ Gue pulang ke rumah, gue sakit, titipin aja ke anak yang lain. “
Karra: “ Oh yaudah oke, cepet sembuh.”
Arya: “ Makasih. “
           
*****

            Beberapa hari kemudian, di gymnasium alias gelanggang olahraganya kampus hijau nan permai itu, berkumpullah anak-anak sekelas Karra yang digabung dengan beberapa kelas lainnya. Inilah pelajaran yang bermanfaat banget buat kesehatan, olahraga. Hari itu olahraganya tergolong cukup berat, berat malah buat Karra, blip test. Jadi blip test itu semacam lari bolak-balik yang tujuannya buat tes ketahanan fisik, seperti itulah kira-kira. Sebelum dimulai, anak-anak dibagi per baris lalu dibagi berpasangan dua-dua. Ketika dibagi per baris, pas di depan Karra ada si Arya tu. Otomatis bertatap-tatapanlah mereka. Eh, tapinya Arya malah buang muka, sial. Setelah semua anak berpasangan dua-dua barulah dimulai olahraga nan menguras tenaga itu.
            Ngos-ngosan sih, banget. Karra berjuang sekuat tenaga tu tadi pas lari sampe level lumayan tinggi. Karra pun akhirnya memutuskan istirahat di tribun. Ceritanya, Karra mau duduk di sebelah Fara dan Dena, tapi mesti ngelewatin tempat duduk cowo-cowo, ada Arya pula, makin males deh. Karena capek dan males muter, terpaksa deh Karra lewat situ. Pas lewat depan Arya, tiba-tiba kaki Arya diangkat dikit. Jadi kehalang kan jalannya Karra.
Arya: “ Heh, Karra.” [muka sok cool]
Karra: “ Eh, Arya. Udah sembuh lu, ikut olahraga.”
Arya: [ngangguk]

*****

Siang itu saatnya kuliah kelas besar, kuliah pelajaran maha abstrak. Seperti biasa, Karra, Fara, dan Dena duduk di barisan agak depan. Biasanya si biang berisik and the boy band itu duduk di barisan agak belakang. Dosen belum dateng, otomatis anak-anak pada ribut sendiri. Karra, Fara, dan Dena pun ga mau melewatkan kesempatan itu, saatnya makan cemilan, cemilannya Fara, haha. Tiba-tiba aja, jeblak! Datenglah itu si biang berisik pake baju seperti biasa, polo shirt, tapi kali ini warnanya kuning ngejreng. Alih-alih biasanya langsung ke singgasana belakang, dia malah nyamperin tempat duduk Karra, Fara, dan Dena.
Wira: “ Wew, makan apa tu? Mau dong.” [mata berbinar-binar]
Fara: “ Ni ambil.” [muka royal]
            Karra itu agak bermasalah kalo Wira ada di deket dia radius sedekat itu. Jangankan sedekat itu, radius 3 meter pun masih bermasalah. Masalah apa sih? Karra ngerasa deg-deg-an kalo di deket Wira dan ga berani ngeliat Wira terutama mata Wira. Alhasil, palingan Karra buang mata atau pura-pura ga ngeliat. Ternyata, itu Wira ga cuma minta makanan tapi juga minta ditimpuk. Gimana ga minta ditimpuk. Biasalah dia bercanda-canda berisik ga jelas di depan Fara dan Dena yang herannya mereka ketawa-ketawa juga. Tiba-tiba, jeblak!
Wira: “ Iya ga, Karra? “ [nyambung-nyambungin ke Karra]
Karra: [geleng-geleng]
            Dosen pun datang. Saatnya Wira kembali ke singgasananya. Bagi Karra, pelajaran itu ga cuma maha abstrak, tapi dosennya juga agak-agak abstrak ngejelasinnya. Alhasil, anak-anak pada ribut deh, apalagi geng belakang tu sumber berisik. Sampai akhirnya, tiba-tiba, jeblak!
Dosen: “ Itu kalian bertiga yang di belakang, kamu ga hargain saya ya di depan.”
Sekelas: [nengok ke arah belakang]
Dosen: “ Mending kalian keluar aja kalo udah ngerasa pinter.”
Sekelas: [muka cengo]
Dosen: “ Ada yang mau ngikutin mereka bertiga kaya gitu, silakan keluar juga.”
Sekelas: [muka makin cengo]
Dosen: “ Kalian bertiga. Setelah kuliah, temui saya.”
Sekelas: [muka cengo secengo-cengo nya]
            Berasa kesamber petir di siang bolong. Itu dosen mematikan banget. Wira dkk itu kasian banget. Muka Karra lebih kasian tu kayanya. Gimana ga kasian. Rasanya Karra pengen banget terbang ke belakang nyemangatin Wira. Namun apa daya kaki tak sampai, tempat duduk Wira jauh di belakang. Karra cuma bisa berdoa semoga nanti selesai kuliah ga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

*****
           
            Seusai kuliah, saat-saat yang menegangkan buat Wira, termasuk Karra. Wira dkk langsung menghadap dosen di depan kelas sementara satu per satu anak mulai keluar melanjutkan kuliah berikutnya. Ga mungkin Karra pergi, ga mungkin Karra bisa tenang sebelum bisa meyakinkan diri kalo Wira bakal baik-baik aja. Untungnya, Karra ga ikutan kuliah berikutnya itu. Jadilah itu Karra nunggu di depan pintu sambil curi-curi liat curi-curi denger apa yang terjadi di dalem. Untungnya lagi, Karra ga sendirian di situ. Ada beberapa anak juga yang curi-curi. Entah karena mereka emang khawatir se-khawatir Karra atau cuma sekedar penasaran aja. Dengan begitu, jadinya Karra ga bakal kentara jadi stalking-suspicion dong, haha.
            Selang beberapa menit, tontonan menegangkan itu pun usai. Nampaknya tidak terjadi kontak fisik, kontak batin, ataupun kontak mata di antara mereka yang berkonflik di dalam itu. Pintu pun terbuka. Wira dkk mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari anak-anak entah itu. Kecemasan Karra pun nampak memudar. Tiba-tiba ada yang memanggil-manggil Karra.
Tita: “ Karraaa.”
Karra: “ Eh Tita, kok masih disini? Ga ke tempat kuliah? “ [menghampiri tempat Tita]
Tita: “ Nanti, ini lagi mau ngerayain ultah temen. Eh, gue mau cerita.”
            Di sela-sela cerita Tita, tiba-tiba, jeblak! Itu si Tita mau cerita kok vulgar sih sampe pipi Karra ga sengaja kecium. Di saat yang bersamaan juga, di seberang sana, si Wira pelukan sama cowo. Oyaampun, terjadi pelanggaran sosial di sini.
Temen Tita: “ Eh lu berdua ngapain? Uda kaya lesbi aja, haha.”
Tita: “ Enak aja lo. Ga sengaja ini. “
Temen Tita: “ Itu lagi si Toya sama si Wira. Dasar maho, haha.” [geleng-geleng]
Karra: [muka cengo]

“ Wira, gue bener-bener ga abis pikir sekarang, sampe pikiran gue emang udah bener-bener abis sekarang buat mikirin lu. Dan sekarang, lu ga cuma udah ganggu pikiran gue, tapi juga hati gue. Gue ga kebayang kalo hati gue juga bakal abis tempat buat lu doang. Gue udah berusaha sebisa mungkin buat ngelupain bahkan ngilangin perasaan ini, tapi kenapa semakin hari perasaan ini semakin dalem. Mungkin bener adanya, datang tiba-tiba, tanpa diminta, tanpa diduga, tanpa dipaksa, could it be? Could it be love? “


Kau datang dan jantungku berdegup kencang
Kau buat ku terbang melayang
Tiada ku sangka getaran ini ada
Saat jumpa yang pertama

Mataku tak dapat terlepas darimu
Perhatikan setiap tingkahmu
Tertawa pada setiap candamu
Saat jumpa yang pertama

Could it be love could it be love
Could it be could it be could it be love
Could it be love could it be love
Could this be something that I never had
Could it be love

Oh mungkinkah ini cinta
             

            From the album of Raisa : Could It be (2011)

- to be continued -

Leave a Reply

Other Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

About Me

Followers