Buah Kernatu


Apa Itu Buah Kernatu?






Apakah anda pernah memakan atau melihat buah satu ini? Ya, inilah buah kernatu yang lebih dikenal sebagai sawo putih atau sawo susu. Di daerah Malang, Jawa Timur, sawo putih atau sawo susu ini dikenal dengan nama buah kernatu. Semasa kecil saya di Malang, saya gemar memakan buah kernatu ini. Secara fisik, buah ini memang terlihat seperti sawo dari segi bentuk maupun ukuran, hanya saja warna kulitnya yang berbeda, yaitu hijau muda. Rasa buah ini manis seperti susu dengan tekstur daging buah yang lebih lembut dibandingkan dengan sawo biasa. Biji buah ini berwarna hitam berbentuk mirip dengan biji sawo biasa. Di daerah Malang dan sekitarnya, buah ini banyak diperjualbelikan di pasaran. Di perkotaan besar, khususnya Jakarta, buah ini nampaknya tidak pernah diperjualbelikan ataupun dikonsumsi. Semenjak saya pindah ke Jakarta, saya sama sekali tidak pernah memakan buah ini lagi karena memang tidak ada yang menjual buah ini. Namun, beberapa waktu lalu, saya sungguh takjub ketika menemukan buah ini di Jakarta. Saya tidak menemukannya di pasar atau tukang buah, tetapi saya menemukan pohonnya di pinggir jalan dekat kali. Pohon buah ini nampaknya tidak berpemilik. Kabarnya, pohon tersebut sudah sejak lama ditanam pemerintah di daerah itu dalam rangka penghijauan. Sungguh ironis melihat buah-buah kernatu yang sudah matang itu bergelantungan tanpa ada warga sekitar yang tahu bahwa buah itu dapat dikonsumsi. Bahkan, buah yang sudah jatuh pun tidak dipedulikan. Budidaya buah kernatu ini terutama di kota-kota besar, perlu ditingkatkan karena buah ini cukup berpotensi tidak hanya sebagai potensi pangan lokal tetapi juga potensi ekonomi. Bagi anda yang belum pernah merasakan kelezatan buah kernatu ini, silakan mencoba! :) 

2 thoughts on “Buah Kernatu

  1. ibu Karina, bolehkan saya mendapatkan beberapa biji buah kernatu tersebut? Saya berencana menanam pohon kernatu di halaman rumah saya di Malang. Kalau boleh nanti saya informasikan alamat & ongkos kirim akan saya ganti. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Bagi rekan rekan yang punya buah kernatu tolong contac ke saya di 085219284375. Saya sangat memerlukan dalam jumlah banyak

    BalasHapus

Other Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

About Me

Followers